Friday, December 2, 2011

7 News Anchor Indonesia Terbaik


Halo semua, kali ini saya akan menampilkan 7 news anchor terbaik Indonesia. By the way, sudah tahu kan news anchor itu apa?

             News : berita ; anchor : jangkar, secara etimologi berarti jangkar berita yang serupa tapi tak sama dengan presenter / reporter berita pada umumnya. Seorang news anchor tidak hanya membacakan berita namun juga terlibat dalam improvisasi yakni berkomentar dalam siaran langsung. Ia juga mewawacarai narasumber dalam suatu diskusi. Seiring dengan berkembangnya zaman, kebebasan berpendapat dalam suatu Negara penganut demokrasipun makin tidak dibatasi. Disinilah peran seorang pembaca berita merangkap sebagai news anchor untuk mendapatkan klarifikasi atas suatu topik langsung pada narasumber yang bersangkutan . Dan menurut saya dari hasil mantengin berita-berita yang ga ada habisnya di media televisi Indonesia , 7 news anchor terbaik tanah air adalah:

 
             1. Najwa Shihab

Najwa Shihab
Wanita kelahiran 16 September 1977 ini menurut saya adalah news anchor terbaik Indonesia. Eksistensinya dalam dunia jurnalistik tidak hanya diakui di Indonesia, namun ia sudah dilirik oleh dunia. Terbukti, berkali-kali dinominasikan dalam Panasonic Awards dalam kategori presenter berita terfavorit,  presenter Metro Tv sekaligus host “Mata Najwa” ini pernah dinominasikan sebagai best current affairs/ talkshow presenter ajang Asian Awards.  


 
  

                 2. Zelda Safitri

Zelda Savitri
Presenter Metro tv adalah sarangnya news anchor berkualitas. Apalagi tiap wanita yang satu ini membawakan berita terupdate dalam Metro Hari Ini (MHI). Zelda Safitri, wanita lulusan RMIT University, Melbourne, Australia ini  adalah news anchor yang ga bisa kita pandang sebelah mata. Tiap Zelda membawakan MHI, tatapan mataya sangat tajam, intonasinya memukau, dan saat berhadapan dengan narasumber, feedbacknya dapet banget yang bikin saya makin tertarik dengan apa yang tengah Zelda dan narasumbernya perbincangkan.

 

 3. Rosiana Silalahi

Rosiana Silalahi
Berhubung saya lagi membahas news anchor, jadi Rosiana Silalahi harus puas berada di posisi ketiga news anchor terbaik negeri ini. tapi, kalo saya ngomongin news presenter, perempuan alumni redaksi liputan 6 SCTV ini adalah juaranya. Ga salah kalo dia udah 3 kali mengantongi piala Panasonic Awards kategori presenter  berita terfavorit untuk tahun 2004, 2005, dan 2007
.



 
 
4. Tina Talisa

Tina Talisa
Karirnya di dunia jurnalistik diawali dengan bergabung bersama redaksi Reportase Trans tv. Namun pada 2008, dara geulis asal Bandung yang juga mantan finalis Putri Indonesia ini memutuskan untuk berpindah ke redaksi Tvone. Namanyapun  makin populer saat ia dipercaya menjadi host dalam program Apa kabar Indonesia Malam. Tina Talisa, yang merupakan alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran bisa dibilang salah satu news anchor yang cerdas dalam memberikan umpan balik atas pernyataan narasumber yang ia wawancarai.

 
    
5. Tommy Tjokro
Tommy Tjokro

Lahir di Jerman, 34 tahun silam, Tommy Tjokro adalah salah satu male news anchor yang patut diapresiasi di negeri ini. Pembawaannya  tegas dan tenang dalam setiap program yang ia bawakan, seperti “ 8-11 Show” dan “Jakarta Jakarta” yang tayang di chanel Metro tv. News anchor yang satu ini juga merupakan mantan Abang Jakarta.



   6. Aviani Malik

Aviani Malik
Presenter cantik nan muda besutan Metro tv, Aviani Malik juga tidak bisa dikesampingkan dengan sederet news presenter top lainnya. Aviani Malik adalah sosok news anchor yang kritis dan pandai. Program yang ia pandu antara lain “News Maker” dan “Editorial Media Indonesia” yang tayang setiap pagi di Metro tv. Pembawaan yang tenang, kritis dan tetap anggun adalah ciri khas news anchor yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.



 

7. Isyana Bagoes Oka

Isyana Bagoes Oka
Presenter yang satu ini kerap nangkring di stasiun Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI). Isyana Bagoes Oka merupakan news anchor  dari redaksi Seputar Indonesia dengan aksen yang paling jelas dan suara yang paling khas. Meskipun tidak jarang mengalami kesalahan teknis dalam setiap peliputannya, dia masih pantas berada di posisi ke-7 news anchor Indonesia terbaik versi saya.
  

0 komentar: