Monday, February 24, 2014

Dari Gelateria sampai Gerobak


#SWAPBLOG6
Edisi Januari 2014
Swapblogger : Gelato Traveler
Hi Gelologic Readers, perkenalkan saya Gelato Traveler yang punya blog YouthGoTravel, pasangan Swap Blog bulan Desember Gelologic. Teman bulan Desember tentang jajanan favorit sesuai banget dengan keadaan musim hujan seperti sekarang ini, bikin perut kita sering lapar. Beruntung sebagai orang Indonesia, kita punya banyak pilihan jajanan yang enak dengan harga yang terjangkau. Nah, kebiasaan jajan inilah yang buat saya terkadang harus merogoh kocek ekstra ketika sedang travel ke negara lainnya. Dari puluhan jajanan favorit di dalam dan luar negeri, saya sudah pilih tiga yang terenak versi Gelato Traveler. Jadi, siap-siap lapar ya :3…

1. Gelato

Es krim asa Italy ini emang bikin saya ketagihan! Buat saya, menikmati Gelato bisa dilakukan kapan aja, baik di musim panas sampai musim dingin. Saking terobsesinya, saya pernah keliling delapan kota di Italy untuk mencicipi es krim di setiap gelateria di sana. Kalau mau baca ceritanya, klik disini ya J.
Yang paling ekstrim adalah saat saya makan es krim di Trondheim, Norwegia padahal cuaca sedang -5 derajat Celcius. Asiknya, es krimnya nggak akan meleleh walaupun kita makannya lama (saking menikmatinya…) Nah, satu hal yang bikin saya tambah cinta sama Gelato di Eropa karena harganya lebih murah dari pada di Indonesia. Tips untuk menikmati Gelato terbaik di Italia adalah dengan membeli langsung di Gelateria walaupun harganya sedikit lebih mahal dari pada membeli dari para pedagang asal Pakistan yang berjualan di mobil ;).


2. Waffle

Kalau sudah berbicara tentang waffle, kita pasti teringat dengan Belgia. Waduh, saya sampai bingung ketika melihat berbagai pilihan topping yang ditawarkan. Sepertinya tidak cukup hanya mencoba satu macam saja. Tapi untuk yang sedang diet, saya sarankan untuk menggunakan satu kesempatan untuk mencicipi kelezatan waffle Belgia dengan cokelat leleh (bukan selai ya…)…Nah, ada dua macam adonan waffle yang dijual, ada yang cair dan adonan kalis. Keduanya sama-sama enak apalagi ditambah dengan topping kesukaan masing-masing :3


3. Mie Ayam

Sluuurrrp,, ,aaahh…jajanan inilah yang paling bikin saya kangen Indonesia terutama Jakarta. Mie Ayam yang paling enak itu biasa di bang-abang gerobak di dekat sekolahan (psssttt..biasanya harganya terjangkau dan porsinya banyak loh) Ada berbagai macam versi mie ayam, seperti mi yamin, mie tarik dan lo-mie. Sewaktu saya kuliah di Bandung, sepertinya hampir sekali dalam dua hari saya menyantap hidangan ini. Pesan saya, kalau makan mie ayam ini bawa saos botolan sendiri karena abang-abangnya cuma menyediakan saos yang memakai pewarna pakaian. Maklum, pesan mama selalu terngiang pesan mama “Jajan di pinggiran boleh saja, asal tetap lihat kebersihan pedagangnya!”.

Ok, sampai disini dulu perbincangan kita tentang jajanan favorit. Saatnya saya ngecek persediaan es krim dan pesan mie ayam untuk makan siang kali ini..hihi Terima kasih Gelologic untuk kesempatan Swap Blog kali ini :)