Saturday, October 17, 2015

Jakarta Sister City delegation to Seoul : Day 1


Jakarta Sister City (JSC) adalah program yang diusung Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta untuk menjalin kerjasama di bidang kepemudaan dengan kota kembar (sister city) di berbagai negara. Segala puji bagi Tuhan, setelah melalui berbagai tahapan baik proses seleksi yang sedemikian panjang, pelatihan materi melalui diskusi dan presentasi serta berbagai persiapan unjuk kesenian, akhirnya kami tiba di Incheon International Airport, Korea Selatan, Rabu 19 November pukul 09.00 waktu setempat. Seoul menjadi destinasi ketiga sekaligus penutup rangkaian program Jakarta Sister City tahun ini, setelah sebelumnya sukses memberangkatkan dua kontingen lain, yakni Beijing dan Berlin.

Delegasi JSC Seoul sesaat sebelum take-off di Soekarno Hatta International Airport 
dari kiri ke kanan
 Joko, Yusuf, Indra, Faris, Ihwan, Aim (pendamping), Lisye, Jessica, Oliv, Mila, Bina, Muthia


Hari pertama kami di Seoul, disambut langsung oleh beberapa panitia yang menamakan organisasi mereka sebagai “Global Activist”. Kim Seung-Hyun selaku presiden Global Activist kemudian memperkenalkan anggota tim-nya yang akan in-charge pada keseluruhan program diantaranya JJ, Moon-Yoong, dan Geum.

Tiba di Incheon International Airport setelah perjalanan 7-8 jam

Kegiatan pertama adalah orientasi program yang berlangsung di Seoul Young Entrepreneurship Center di Gangbuk. Kim menjelaskan pentingnya program pertukaran pemuda sebagai kunci utama memecahkan masalah-masalah global di dunia, seperti konflik antarnegara, isu-isu perdamaian, dan perkembangan ekonomi melalui kegiatan kewirausahaan yang berkelanjutan (entrepreneurship). Berhubungan dengan kepemimpinan (leadership), Kim menjelaskan bahwa kepemimpinan dipengaruhi oleh kerjasama dan asosiasi, sehingga menimbulkan integrasi yang terwujud dalam sebuah projek (kegiatan) dengan memberdayakan kekuatan lokal yang akan berdampak besar, baik nasional maupun global. Secara sederhana melalui bagan berikut :

Accelerate leadership: association à cooperation à integration à project à local à national/global impacts.


Lengkap! berbalut A1 di Seoul Young Entrepreneurship Center

            Sore harinya kami berkesempatan mengeksplor Sarangchae, sebuah pusat pertunjukan dan pameran yang terintegrasi di Seoul. Ditambah dengan pemandangan Gunung Bukak dan panorama rumah presiden Korea Selatan yang identik dengan warna birunya (blue house) semakin menyempurnakan hari pertama kami di kota paling yang paling banyak dikunjungi di Asia ini.

Depan : Sarangchae (exhibition area) | Belakang : Gunung Bukak | Samping kanan : Blue House

Berpose a la brand ambassador Semsong wkwkwk


See also

Jakarta Sister City Delegation to Seoul : Day 2
Jakarta Sister City Delegation to Seoul : Day 3
Jakarta Sister City Delegation to Seoul : Day 4
Jakarta Sister City Delegation to Seoul : Day 5
Jakarta Sister City Delegation to Seoul : Day 6
Jakarta Sister City Delegation to Seoul : Day 7
Jakarta Sister City Delegation to Seoul : Day 8
Jakarta Sister City Delegation to Seoul : Day 9

0 komentar: