Wednesday, November 30, 2011

To be anak kost-an


Menjadi mahasiswa baru memang dihadapkan pada suatu keadaan yang sangat ekstrim. Sebab, mereka akan menghadapi kehidupan yang amat jauh berbeda dari sebelumya. Terlebih bagi mereka yang merupakan perantau dan harus menyatakan dirinya sebagai “anak kost” (hehe…). Berikut sikap yang harus dimiliki seseorang  “to be anak kost-an”:

1.      Mandiri
Pokoknya syarat mutlak seorang anak kost itu harus mandiri. Ga ada lagi yang namanya sifat manja dan ketergantungan. Karena kenapa, seorang anak kost  itu “do everything themself”. Mulai dari makan, cuci baju, bersihin kamar dll. So, that’s why  kita harus mandiri to be anak kost-an.
2.      Hemat
Pepatah mengatakan hemat pangkal kaya. Ga salah sih, tapi lebih tepatnya buat anak kost, hemat sama dengan tabungan tanggal tua. Sebagai anak kost haruslah pintar-pintar memenej uang yang telah orang tua amanahkan untuk kehidupan kita. Bisa dibayangkan, kalo sebelum tanggal bahagianya mahasiswa alias tanggal muda duit kita udah ga ada, mo makan ke siapa? Makanya, berhematlah wahai anak muda!
3.      Supel
Ga cuma ama temen, tapi ama tetangga kost dan bapak/ibu kost, sikap supel (mudah bergaul) dengan orang lain adalah salah satu sikap yang kudu dan mesti dilmiliki if you want “to be anak kost-an”. Kalo kita sakit atau kenapa-napa, orang pertama yang akan membantu kita bukanlah orangtua atau saudara, melainkan mereka yang berada di dekat kita. So, bergaullah sebanyak dan sebaik mungkin.
4.     Disiplin
Rutinitas yang baik dan teratur akan memudahkan kemandirian yang akan kita bentuk. Mulai dari makan teratur hingga bersihin kamar secara rutin sebagai upaya preventif terhadap hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit , virus dll.
5.      Bijak
Bijak disini berarti tepat dalam bertindak. Lakukan yang positif dan bermanfaat serta banggakan orangtua kita yang telah memberikan tanggungjawab dan amanah kepada kita untuk menjadi seorang mahasiswa dan seorang anak kost-an.

0 komentar: