Thursday, May 17, 2012

OGI UNPAD 2012



Olimpiade Geologi Indonesia (OGI) Unpad 2012 baru saja berakhir. Bertempat di Maja House, Sersan Bajuri, Bandung, Jawa Barat, acara penutupan OGI, sabtu (12/5) malam berlangsung meriah dengan decak kagum dari para peserta dan tamu undangan.

OGI Unpad 2012 diikuti oleh 11 tim, masing-masing beranggotakan lima peserta yang berasal dari delapan perguruan tinggi di Indonesia. Diantaranya ; Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Trisakti, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Jend. Soedirman, UPN Veteran Yogyakarta, dan Sekolah Tinggi Teknik Nasional (ST TENAS) Yogyakarta.

suasana closing OGI Unpad 2012 di Maja House, Bandung
Acara OGI sendiri dibuka pada senin (7/5) yang lalu di Bale Sawala, Gd. Rektorat Kampus Unpad Jatinangor. Dilanjutkan dengan seminar nasional yang mengangkat tema Mitigasi Bencana Geologi dan Indonesia Sebagai Laboratorium Geologi Dunia. Kegiatan olimpiade ini berlangsung enam hari hingga hari sabtu kemarin yang sekaligus merupakan acara penutupan dan pengumuman hasil olimpiade.

Lagi-lagi Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk kesekian kalinya didapuk juri sebagai pemenang OGI. Tim asal kota gudeg Yogyakarta ini beranggotakan Hidayattul Hendra, Tri Rani Puji Astuti, Diana Rahmawati, Winda Kurniawati dan Fahmi Hakim dari angkatan 2008 dan 2009. Rani, salah satu anggota dari tim UGM mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat senang bisa menjadi pemenang di kompetisi bergengsi ini. “Berikan yang terbaik, man jadda wa jadda”, ungkapnya. Winda juga menambahkan kalau dibalik kesuksesan UGM pada OGI kali ini tidak lain ialah solidaritas antar tim yang terus dibangun. Tidak ketinggalan, Dianapun mengapresiasi kerja keras panitia pada OGI kali ini sehingga bisa menjadi salah satu kompetisi geologi yang sangat diperhitungkan di Indonesia.

Juara kedua diraih oleh tim kampus tetangga yakni Teknik Geologi ITB yang diwakili oleh lima peserta yang semuanya merupakan angkatan 2008. Ditemui usai diumumkan sebagai pemenang, Meuthia Fitri Hasan salah satu anggota dari tim ITB merasa senang dan bahagia. Dara asal Palembang ini mengatakan dalam kompetisi ini bukan berarti penentuan siapa yang pintar atau tidak, melainkan bagaimana kita mengeksplor kelebihan dan menyiasati kekurangan. Ia juga memberikan apresiasi terhadap OGI Unpad 2012. “Ini acara yang sangat keren, akomodasinya bagus semuanya perfect, terima kasih untuk panitia”, pungkasnya saat ditanya kesannya terhadap OGI kali ini.

Di lain pihak, tim asal Geologi Unpad harus berpuas diri menyandang juara ketiga dengan hanya terpaut 0,1 poin dari tim ITB. Meskipun pada OGI sebelumnya tim Geologi Unpad menjadi runner up, namun ini merupakan pencapaian yang cukup baik ditengah ketatnya persaingan. Tim ini diwakilkan oleh Bayu Prakoso, M. Riefaldy, Samuel Sirait, Bagus Guspudin, dan Syaiful Alam yang kelimanya merupakan mahasiswa Geologi Unpad angkatan 2009. Alam mengekspresikan kesenangannya sembari berterima kasih terhadap HMG (Himpunan Mahasiswa Geologi) Unpad dan menghadiahkan prestasi tersebut untuk himpunannya. Kunci sukses tim ini ialah mengesampingkan egoisme masing-masing dan saling men-support satu sama lain , tegas Bagus salah satu peserta yang juga menjabat sebagai menteri koordinasi di kabinet HMG Unpad periode 2012. Pesan dari tim ini untuk delegasi tim Geologi Unpad mendatang ialah segera dipersiapkan sebaik dan semaksimal mungkin serta jangan pernah merasa  terbebani.

Tri Febrianto dan Aditya selaku wakil ketua panitia OGI Unpad 2012 juga berhasil kami temui di sela-sela kesibukannya pada acara penutupan OGI sabtu malam kemarin. Mereka mengaku acara ini telah dipersiapkan sejak bulan November 2011 dan diharapkan persiapan yang lebih matang untuk OGI selanjutnya. Keduanya juga mengucapkan terima kasih untuk panitia yang bekerja keras dan banyak membantu demi terselenggaranya acara dwitahunan ini. “Dalam OGI kali ini kita menggunakan sistem learning by doing untuk kedepan yang lebih baik“, tegas Tri sambil menutup wawancara.

[Special Report sebagai calon geocentric dan setelah 3 bulan lebih tidak memosting sesuatu disini...]



0 komentar: