Thursday, August 29, 2013

Mangrove Planting di Pantai Indah Kapuk


Rasa kepedulian terhadap lingkungan memang sudah seharusnya kita pupuk sejak dini. Bumi ini sudah muak dengan tingkah busuk manusia yang seenaknya saja dan seakan tak mau tahu jika suatu ancaman besar menimpanya di kemudian hari. Terlihat sangat retoris, tapi itulah fakta yang sesungguhnya. Bukan mau so-so-an environmentalist, tapi ya ‘kalau bukan kita siapa lagi’ dan ‘kalau bukan sekarang, kapan lagi’ agakmya merupakan jawaban yang paling tepat dan sederhana yang bisa menjelaskan kenapa saya sedikit menggebu-gebu untuk hal-hal semacam ini.

***
Hari itu, minggu 25 Agustus 2013 saya bangun sekitar pukul 05.00 pagi, bersiap-siap dan langsung bergegas menuju stasiun LA (Los Angeles) Lenteng Agung Jakarta. Bukan untuk hal yang tidak-tidak atau macem-macem, melainkan dalam rangka menjadi partisipan “ÆON Mangrove Planting” yang diselenggarakan di Pantai Indah Kapuk Jakarta. Hm, kurang keren apa coba, bangun pagi-pagi hanya untuk menanam mangrove, he he !

nampang dulu biar keren..

Anyway, masih inget sama ÆON kan?

Duh, perusahaan yang satu ini nih emang juara pisan. Itu tuh yang beberapa waktu lalu memberikan beasiswa penuh kepada dua puluhan mahasiswa untuk mengikuti ASIAN Student Enviromental Forum di Jepang. ÆON adalah salah satu perusahaan retail asal negeri matahari terbit yang dengan serius bersemangat untuk menciptakan kepedulian terhadap lingkungan. Lihat saja, semua CSR perusahaan yang satu ini selalu berkaitan erat dengan en-vai-ren-mén alias lingkungan.

Salah satunya ialah penanaman bibit bakau atau mangrove yang dilaksanakan di pesisir barat ibukota yakni Pantai Indah Kapuk akhir pekan kemarin. Ngga tanggung-tanggung, ada sekitar 23.000 bibit mangrove yang ditanam saat itu. WOW! *tepuk tangan*

suasana penanaman mangrove (hanya sebagian kecil)

Mangrove-nya sebanyak itu terus pesertanya ada berapa, suf? Iya iya sabar sebentar lagi dijelasin #udahstress

For your information nih guys, acara itu dihadiri oleh sejumlah 1200 orang Jepang (Japanese) dengan biaya yang mereka tanggung masing-masing plus 400-an warga Indonesia. Beberapa diantaranya ialah alumni yang sudah dibahagiakan oleh ÆON. Haha. Mereka adalah penerima ÆON scholarship, ÆON internship, siswa(i) SMA alumni Youth Eco Leaders serta mahasiswa(i) UI dan Unpad alumni AUSEF.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang dibuka dengan opening ceremonial yang diisi dengan berbagai acara seperti sambutan, penampilan seni & budaya baik Jepang dan Indonesia yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman mangrove sebagai puncak acara. Dari awal, kita sudah dibagi-bagi dalam beberapa grup untuk memudahkan proses penanaman bibit-bibit mangrove itu. Saya berada di grup 39A bersama Diana (mahasiswa UI 2010, penerima ÆON scholarship) dan tentunya puluhan orang Jepang. Team Leader kami adalah karyawan ÆON yang berasal dari negeri jiran Malaysia.

Pengalaman yang sangat sederhana namun penuh makna. Hanya dengan menanam mangrove kita sudah berkontribusi nyata untuk lingkungan yang lebih baik. Diantaranya menjaga kestabilan garis pantai, menahan abrasi air laut serta menjaga ekosistem pantai sekitar.



suasana pasca penanaman. looked enthusiast!


Ditulis hari selasa. di kosan. sendirian. sekian.

2 komentar:

Unknown said...

Wow, keren gerakan ini yah. Semoga terus berlanjut.. :D

Mohammad Yusuf said...

@Rini : iya terimakasih semoga bisa menginspirasi siapapun untuk berkontribusi nyata terhadap kelestarian lingkungan, tsaaah. salam kenal :)